Pujaningsih, S.Pd.,M.Pd.

Status: 
Dosen
Identitas
NIP: 
19811206200312 2 0
Jenis Kelamin: 
Perempuan
Agama: 
Islam
Alamat: 

Madeyan Sumber sari Moyudan Sleman Yogyakarta

Keahlian: 

Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar Spesifik

Riwayat Pendidikan: 
No Jenjang Bidang Asal Sekolah Tahun Lulus
1 S1 PLB UNY 2003
2 S2 PKkH UPI 2007
3        

 

Unit Kerja
Jurusan: 
Pendidikan Luar Biasa
Golongan: 
III/C
Jabatan: 
Lektor
Contact
Bidang Pendidikan

Matakuliah yang diampu

No Nama Matakuliah semester tahun prodi
1. Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar Spesifik gasal 2004-2011 PLB
2. Manajemen pendidikan anak berkesulitan belajar spesifik gasal 2007-2011 PLB
3. Orthodidaktik anak berkesulitan belajar spesifik genap 2007-2011 PLB
4. Kesulitan Perkembangan Anak Berkesulitan Belajar Spesifik gasal 2007-2011 PLB
5. Pendidikan Inklusi gasal 2007-2011 PLB
6. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidial genap 2010 PLB
7. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus genap 2007-2010 PGSD
8. Stimulai anak berkesulitan belajar spesifik genap 2011 PLB
9. Diagnosis PLB genap 2004 PLB
10. Asesmen PLB gasal 2009 PLB
11. Teknologi informasi genap 2008 PLB
12 Kebutuhan psikososial anak berkesulitan belajar gasal 2011 PLB

Penguji  Skripsi

NO Nama Mahasiswa SK Pembimbing
1. Ismiati  
2. Iswanti  
  Fransisca Suhartinah 222 b tahun 2008
  Agnes Febriana Nurgraeni 236 a tahun 2008
  Nina wulandari 169 b tahun 2008

Penasehat Akademik

 

Bidang Penelitian

Penelitian

NO Tahun Judul sumber dana No Kontrak Posisi keterangan
1 2015

Teaching Accommodation and Modification for Students with Learning Disabilities in Elementary Inclusive Classrooms

DP2M   anggota

tahun 1

International Join Research

2. 2014-2015 Development ofPositive behavior Supprot model to improve social skill of elementary school students DP2M DIKTI   anggota Penelitian Hibah bersaing
3 2014 Development of Integrated Behavior Modification Model to Instructional Program for Children with behavior Problem in Special School DIPA UNY   Anggota Penelitian unggulan
4 2013-2014 Development of Intervention model based  Peer Tutor for Children with Reading Difficulties in Elementary School DIPA UNY  

Ketua (2014)

Anggota (2013)

Penelitian terapan Fakultas

 

Penelitian unggulan UNY

5 2013 Development of Professional Learning Community as school based improvement of Teacher’s quality.

DP2M

DIKTI

  Anggota Hibah Bersaing
6 2013 Need Assessment Study: Elementary Pre-Service Teachers’ Attitudes toward Children with Learning Difficulties DIPA UNY   Mandiri Penelitian Fakultas
7 2013 Developing of Academic Readiness  Instrument for childElementary School Entrance DIPA UNY   Anggota Penelitian Unggulan Universitas
8 2012 Effectiveness of Whole Word Approach for Children with Reading Difficulties DIPA UNY   Mandiri Penelitian Terapan
9 2009-2011 Pengembangan Model Penanganan Anak Berkesulitan Belajar berbasis Akomodasi Pembelajaran

DP2M

DIKTI

  Anggota penelitian Hibah bersaing
10 2011 Pengembangan Model Pembelajaran bagi anak Berkesulitan Belajar Membaca di Kota Yogyakarta

DIA

BERMUTU

   

Research

Grant PGSD

11 2010 Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi anak tunagrahita (SLB C) di Yogyakarta

DIPA

UNY

  Anggota Penelitian unggulan UNY
12 2007 Layanan anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar melalui Model Akomodasi Pembelajaran BPPS tesis    
13 2008 Pengembangan SLB berbasis masyarakat DIPA FIP   anggota  
14 2005 Layanan Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar di Kecamatan Depok DIPA FIP   ketua Penelitian Latihan

Karya tulis ilmiah yang dipublikasikan

No

Judul

Jurnal/Majalah

Tahun

1 Pengembangan Model Penanganan Anak dengan Kesulitan Membaca Berbasis Teman Sebaya di SD

Proceeding seminar nasional LPPM UNY

2014
2

Comparative Study about Pre-service Students Attitudes in 3 Different Universities towards Students with learning difficulties in Elementary School

Proceeding

Mesped

Chiang Mai University

Thailand

2014
3 Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Terintegrasi Program Pembelajaran untuk anak dengan Masalah Perilaku Cakrawala Pendidikan Juni 2014, XXXIII No 2 ISSN 0216-1370  
4

Effectiveness of Whole Word Reading Approach for Student With Learning Disabilities

Proceeding WALS 2014 (World Association of Lesson Studies) UPI Bandung 2014
5

Developing Bahasa Indonesia Teaching Materials for Student with Intelectual Disability in Yogyakarta

Proceeding 21 st Conference of the Asian Federation on

Intelectual Disability 7-11 Oct India

 
6

Tantangan kompetensi Guru SD dalam menangani anak kesulitan membaca permulaan ( Analisis Kebutuhan Guru SD di Kota Madya Yogyakarta)

Proceeding

Konaspi 7 UNY

2013
7 Character Building through Literacy instruction for diverse student in elementary school International seminar on Enhancing Academic Literacy to Foster Conservation Values in Character Education 2012
8 Redesain Pendidikan Guru untuk Mendukung Pendidikan Inklusif Proceeding Seminar Nasional “Redesain Sistem dan Desentralisasi Pendidikan 2012
9 Pendidikan Mitigasi  Bencana di Sekolah Inklusi Proceeding Semiloka Nasional “Urgensi Pendidikan Mitigasi Bencana” 2011
10 The urgency of teacher acceptance and expectancy on Children With Learning Difficulties Proceeding International Seminar on Special Education “Building Nation Character through inclusive Education in Global Perspective” Universitas Negeri Surakarta, Solo 2011

11

Layanan Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar melalui Model Akomodasi Pembelajaran

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

(terakreditasi)

2010

12

Perkembangan Bahasa dan Gangguan Bahasa Pada anak Kebutuhan Khusus

JPK Vol 6 No 2 Mei 2010

2010

13

Promoting Social Competence Children with Learning Difficulites : Fact and Teacher Strategy

Procedddings: First annual Inclusive Education Practices Conference

2010

14

Pemenuhan Kebutuhan Siswa yang Beragam melalui Jalinan Kemitraan Sekolah

Dinamika Pendidikan No 2/TH.XVIII/Oktober 2010

2010

15

Aha, Sekaran Aku Bisa: Panduan Pembelajaran Materi Pengurangan Risiko Bencana untuk Anak berkebutuhan Khusus

Buku Panduan kerjasama : Dinas Dikpora, ASB dan UNY

2009

16

Hari yang Luar Biasa

Buku pengayaan SD

2009

17

Pengembangan kreativitas menulis anak berbakat di SD

JPK Vol.1 No.1 Juni

2005

18

Kompetensi Minimal Guru Sekolah Dasar untuk Menangani Anak Berkesulitan Belajar

JPK Vol. 3 Juli

2006

19

Penanganan Anak Berkesulitan Belajar: Sebuah Pendekatan Kolaborasi dengan Orang Tua

JPK Vol 5

2007

 

Bidang Pengabdian

.

NO tahun judul pengabdian sumber dana posisi keterangan
1. 2011 Sosialisasi dan Pelatihan Identifikasi Anak Berkesulitan Belajar di SD Program Plus Rintisan Sekolah Inklusif di Yogyakarta LPM UNY anggota PPM Reguler Universitas
2. 2010 Penjaringan anak berbakat di SD N 4 Wonosobo LPM UNY anggota PPM Unggulan Fakultas
3. 2010 Pelatihan Penulisan PTK bagi guru-guru di SLB Wiyata Dharma 3 LPM UNY anggota PPM Unggulan Fakultas
4. 2009 Sosialisasi Pendidikan Inklusi di Wonosobo -- penyaji Sosialisasi di kabupaten Wonosobo
5. 2009 Anak berkesulitan belajar (Learning Disability) di SD -- Penyaji acara koloqium mahasiswa Psikologi UII
6. 2008 Intervensi Dini Anak dengan Hambatan belajar DIPA Fakultas Ketua PPM kelompok Fakultas
7. 2008 Asesmen anak berkebutuhan khusus di SLB N Sragen -- tester --

 

Lain - Lain

Publikasi  Ilmiah

No

Judul

Jurnal/Majalah

Tahun

1 Redesain Pendidikan Guru untuk Mendukung Pendidikan Inklusif Proceding seminar nasional ISPI 2012
2 Pendidikan Mitigasi  Bencana di Sekolah Inklusi Proceding seminar nasional mitigasi bencana 2011
3 The urgency of teacher acceptance and expectancy on Children With Learning Difficulties Proceding international ceminar on educa  

4

Layanan Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar melalui Model Akomodasi Pembelajaran

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

(terakreditasi)

2010

 

5 Pemenuhan Kebutuhan Siswa yang Beragam melalui Jalinan Kemitraan Sekolah Dinamika Pendidikan No: 02/th. XVII/Oktober 2010 2010
6 Pengelolaan Stress Pada Anak dengan Kesulitan Belajar Spesifik JPK Vol 7 No.2 November 2010 2010

7

Perkembangan Bahasa dan Gangguan Bahasa Pada anak Kebutuhan Khusus

JPK Vol 6 No 2 Mei 2010

2010

8

Promoting Social Competence Children with Learning Difficulites : Fact and Teacher Strategy

Procedddings: First annual Inclusive Ed