Dr. Mumpuniarti, M.Pd.

Status: 
Dosen
Identitas
NIP: 
195705311983032002
Jenis Kelamin: 
Perempuan
Agama: 
Islam
Alamat: 

Tiara Mas A10, Gg Srikaya RT 16 RW 21 Bangntapn Bantul

Keahlian: 

Pendidikan Subnormalita Mental

Riwayat Pendidikan: 
No Jenjang Bidang Asal Sekolah Tahun Lulus
1 S3 Ilmu Pendidikan PPS-UNY 2011
2 S2 Manajemen Pendidikan PPS-UNY 2006
3 S1 Pendidikan Khusus IKIP YOGYAKARTA

1982

 

 

Unit Kerja
Jurusan: 
Pendidikan Luar Biasa
Golongan: 
IV/C
Jabatan: 
Lektor Kepala
Contact
Telephone: 
HP.081328220726
Bidang Pendidikan

mengajar mata kuliah

pendidikan tunagrahita

ortodidaktik tunagrahita

ilmu pendidikan

Daftar File Bidang Pendidikan: 
Bidang Penelitian

 

No Tahun Judul Artikel Penerbit
1. 1991 Peranan Guru Sekolah Dasar dalam Menangani Anak Luar Biasa (Cakrawala Pendidikan, No. 3. Th. X. Nopember 1991); Penerbit Pusat Pengabdian Masyarakat IKIP YOGYAKARTA.
2. 1993 Motivasi Anak Tunadaksa dalam Memilih Mata Pelajaran Keterampilan  (Jurnal Kependidikan, No. 1. Th XXIII.1993): Penerbit Lembaga Penelitian IKIP YOGYAKARTA.
3 1993 Penanganan Anak Berkesulitan Belajar Spesifik (DMO) di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan No 3, Th XII, November 1993; Penerbit Pusat Pengabdian Masyarakat IKIP YOGYAKARTA
3. 1996 Peranan Orang Tua dalam Proses Penyesuaian Diri Anak Mampu Latih ( Cakrawala Pendidikan, No. 2. Th. XV. Juni 1996); Penerbit Lembaga Pengabdian Masyarakat IKIP YOGYAKARTA.
4. 1997

Mempersiapkan Kemandirian Anak Mampu Latih 

(Dinamika Pendidikan, No.1. Th. IV. Mei 1997); Penerbit: FIP- IKIP YOGYAKARTA
5. 1998 Pengembangan Pekerjaan bagi Penyandang Tunagrahita  (Cakrawala Pendidikan, No.1. Th. Jilid I, Th. XVII, Juni 1998); Penerbit Lembaga Pengabdian Masyarakat IKIP YOGYAKARTA.
6. 1999

Pendidikan Penyandang Cacat dan Sumbangannya dalam Pembangunan Nasional 

(Cakrawala Pendidikan, No.3, Th. XVIII, Juni 1999); Penerbit Lembaga Pengabdian Masyarakat IKIP YOGYAKARTA.
7. 1999

Prospek Pekerjaan Penyandang Tunarungu Pada Era Perdagangan Bebas. 

( Jurnal Rehabilitasi & Remediasi, No.20, Th.9 - 1999); Penerbit: Pusat Penelitian Rehabilitasi dan Remediasi (PPRR) Lembaga Penelitian UNS Surakarta.
8. 2000

Pembinaan Kepribadian Anak Tunagrahita Sedang dengan Pendekatan Modifikasi Tingkah Laku 

(Dinamika Pendidikan, No.1, Th.VII. Maret 2000); Penerbit: FIP-Universitas Negeri Yogyakarta.
9. 2001

Modifikasi Kurikulum dalam Model Pendidikan Inklusi 

(Jurnal Rehabilitasi & Remediasi, No.2, Th. 11 Desember 2001); Penerbit: Pusat Penelitian Rehabilitasi dan Remediasi (PPRR) Lembaga Penelitian UNS Surakarta.
10. 2002

Hak Asasi Manusia dan Perundangan Pendidikan Luar Biasa

(Jurnal Rehabilitasi & Remediasi, No.2, Th. 12 Desember 2002); Penerbit: Pusat Penelitian Rehabilitasi dan Remediasi (PPRR) Lembaga Penelitian UNS Surakarta.
11. 2003

Pengembangan Komunikasi Tunagrahita Tingkat Sedang Sebagai Keterampilan Hidup Di Sekolah 

(Jurnal Rehabilitasi & Remediasi,  No: 2, Th.13 Desember 2003). Penerbit: Pusat Penelitian Rehabilitasi dan Remediasi (PPRR) Lembaga Penelitian UNS Surakarta.
12. 2004

Manajemen Pembelajaran Terpadu Bagi Kecakapan Hidup Tunagrahita. 

(Cakrawala Pendidikan, Jurnal Imiah Pendidikan, Februari 2004, Th XXIII, No.1) Penerbit Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta).
13. 2004

Pembelajaran Membaca Fungsional Bagi Tunagrahita Mampu Didik dengan Pendekatan Eklektik 

(Jurnal Rehabilitasi & Remediasi, No: 2, Th.14 Juni 2004). Penerbit: Pusat Penelitian Rehabilitasi dan Remediasi (PPRR) Lembaga Penelitian UNS Surakarta.
14. 2006

Manajemen Pembinaan Vokasional bagi Tunagrahita di Sekolah Khusus Tunagrahita. 

(Jurnal Pendidikan Khusus, Vol.2 no. 2, Nopember 2006) Penerbit: Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP – Universitas Negeri Yogyakarta.
15.

2007 

Pendekatan Pembelajaran bagi Anak Hambatan Mental (Buku Referensi) 

Penerbit Kanwa Publisher Yogyakarta, ISBN: 979-15383-0-1.
16. 2008

Evaluasi Program Pembelajaran bagi Siswa Tunagrahita Ringan.

(Jurnal Ilmu Pendidikan, No1,1,2008, Penerbit: FIP-UNY)
17. 2010

Pembentukan Peta Kognitif Tunagrahita Ringan. 

(Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 16, Juni 2010, Penerbit: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional).
18. 2010 Perspektif Humanis-Religius dalam Pendidikan Inklusif  (Jurnal pendidikan Khusus,Vol7,2,Nov. 2010. Penerbit: PLB-FIP-UNY.

 KARYA SESUDAH DOKTOR

No Tahun Judul Karya Forum/penerbit
1 2012 Pendidikan Khusus pada Awal Menuju Inklusi (Sebuah Refleksi Historis di Jawa) Diterbitkan Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan Mei 2012, Th. XXXI, Edisi Khusus Dies Natalis UNY. Terakreditasi Dikti Nomor: 110/DIKTI/Kep/2009, tanggal 5 Desember 2009.
2 2012 Pembelajaran Nilai Keberagaman dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Diterbitkan Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 3, Oktober 2012. Penerbit Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Yogyakarta.
3 2012 Sejarah Lembaga Pendidikan Khusus Tunagrahita di Jawa. Diterbitkan Cakrawala Pendidikan November 2012, Tahun XXXI, No 3. Penerbit Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Yogyakarta. Terakreditasi Dikti Nomor: 110/DIKTI/Kep/2009, tanggal 5 Desember 2009.
4 2011 Falsafah Edukatif Dalam Dimensi Historis Kelembagaan bagi Tunagrahita Penelitian Mandiri, Dibiayai dengan dana DIPA-UNY, Nomor Kontrak: 022a/UN 34 11/KU/2011. Tanggal 2 Mei 2011.
5 2012 ”Pembelajaran Terakomodasi dalam Model Pembelajaran Inklusi” Penyaji makalah: dalam forum Seminar Nasional Ikatan Sarjana Pendidikan (ISPI) bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta, tanggal 21-22 Januari 2012
6 2012 Pengembangan Model Pendidikan Nilai sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Implementasi Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar Yogyakarta. Penelitian Unggulan UNY tahun 2012, Nomor: 017/Subkontrak- Unggulan/UN34.21/2012
7 2012 Profil Kebutuhan Program Transisi Pasca-sekolah bagi Hambatan Intelektual Penelitian dana BOPTN

 

8 2014 Pengembangan Subyek Spesifik Paedagogi dengan Model Pembelajaran Multisadji bagi Anak Lamban Belajar (Slow Learner) di Sekolah Dasar. Desentralisasi Unggulan PT
9 2015 Teaching Accomodation and Modification for Students with Learning Disability in Elementary Inclusive Classrooms Penelitian Kerjasama Internasional dengan Chiang May University
10 2014 Value-Based Education Model to Build Students of Inclusive Elementary School’s Character

Dewantara Inter national Journal of Education, diterbitkan Doctoral Program of Education Science FKIP Sebelas Maret University, Surakarta Indonesia

11 2014 TEACHER’SPERCEPTIONS ABOUT THE TRANSITION PROGRAM FOR CHILDREN ON THE PATH TO ADULTHOOD Penyaji makalah pada Konferensi Internasional tentang ‘‘Multicultural Education and Special Education International Conference 2014’ Cultural Sensitivity in Educational Practices Toward the 21st Century
12 2015 Humanistic Education in Accomodating the Slow Learners’s Learning needs in Primary Schools of Special District of Yogyakarta Penyaji makalah International Seminar on Special Education For Southeast Asia 5th Series 2015 in State University of Surabaya, Indonesia
13 2015 Elementary School Teacher’s Competence in Accomodation and Modification Learning Process of Student With Learning Disabilities in Inclusive Classroom 2nd International Conference on Current Issues in Education Yogyakarta State University, Indonesia 25-26 Agustus 2015
14 2016 Pembelajaran Akademik Fungsional dalam Konteks Pendidikan Khusus Orientasi Budaya

buku Referensi PT no ISBN: 978-602-798-93-5 Diterbitkan oleh UNY Press.

 

15 2014 Efektivitas Program Pasca-Sekolah bagi Kemandirian Disabilitas Intelektual

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa. Penerbit: Asosiasi Profesi Pendidikan Khusus (APPKhI) Volume 1, Nomor 2, Desember 2014, ISSN 2355-746X

16

 

 

 

2016 Peningkatan Profesional Guru Pendidikan Khusus Melalui Evaluasi Kinerja dalam Pembelajaran di Sekolah Khusus 

Proseding KONASPI ke VIII di Grand sahid Hotel tanggal 12-15 Oktober 2016 Jakarta dengan ISBN 978-602-60240-0-6

17 2016 Evaluasi Kinerja Guru Sekolah Khusus dalam Implementasi Kurikulum 2013 penelitian Fakultas Dana DIPA-UNY tahun 2016

 

Daftar File Bidang Penelitian: 
Bidang Pengabdian
Lain - Lain